PIONIR ke-VIII Perebutkan 162 Medali, Ini Kategori Yang Dilombakan

By Admin

nusakini.com--Kementerian Agama akan menyelenggarakan Pekan Ilmiah, Olahraga, Seni dan Riset ke VIII tahun 2017. Dirjen Pendidikan Islam Kamaruddin Amin mengatakan, ajang yang diikuti oleh Perguruan Tinggi Keagamaan Islam ini diselenggarakan di Universitas Islam Negeri (UIN) Ar-Raniry Aceh, 25 April s.d. 1 Mei 2017 . 

"Ada empat kategori yang dipertandingkan dan dilombakan, yaitu Bidang Ilmiah, Olahraga, Seni dan Riset," kata Kamaruddin Amin saat menggelar konperensi pers di Jakarta, Jumat (21/4). 

Dikatakannya, untuk bidang ilmiah terdiri dari empat perlombaan, yakni; Debat Bahasa Arab, Debat Bahasa Inggris, Musabaqoh Makalah Qur'ani (MMQ), dan Musabagoh Qiratul Kutub (MQK) yang baru tahun ini diperlombakan. Untuk cabang olahraga (cabor), ada sepuluh cabor yang dilombakan, yaitu; futsal, volly ball, tenis meja, bulu tangkis, catur, panjat dinding, sepak takraw, pencak silat, basket, dan karate. 

Sedangkan pada bidang seni ada delapan cabang, yakni; Musabaqah Al-Quran, Musabaqah Hifdzil Quran, Kaligrafi, Pop Solo Islami, Design, dan peragaan Busana Muslim,dan terdapat tiga perlombaan yang baru diadakan pada Pionir ke delapan di Aceh ini, yakni Puitisasi Al Quran, Marawis dan Musabaqoh Syahril Quran. 

"Dan ada dua bidang riset yang diperlombaan, yakni; Karya Tulis dan Karya Inovatif mahasiswa yang menjadi cabang perlombaan baru," kata Kamaruddin Amin yang didampingi Direktur Pendidikan Tinggi Islam M Nizar dan Wakil Rektor UIN Aceh Aceh Syamsul. 

Pionir ke- VIII ini akan memperebutkan 162 medali yang terdiri dari 54 medali emas, 54 medali perak, dan 54 medali perunggu. Untuk juara umum akan mendapatkan trofi bergilir dari Kementerian Agama yang pada Pionir Tahun 2015 diraih IAIN Banten. Juara satu, dua, dan tiga akan mendapatkan bantuan pembinaan mahasiswa Prestasi. (p/ab)